Navigasi Blog sesuai ketentuan SEO

Navigasi sangatlah penting bagi mesin telusur.

Navigasi situs web  penting dalam membantu pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat  membantu mesin telusumemahami  isi konten  yang dianggapenting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google disediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin menangkap peran sebuah laman bagi keseluruhan  situs.

Rencanakan navigasi Anda berdasarkan beranda Anda.

Semua situs memiliki beranda atau laman "akar", yang biasanya merupakan laman situs yang paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs Anda hanya memiliki sedikit laman, Anda sebaiknya berpikir mengenai cara pengunjung berpindah dari laman umum (laman akar) Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang mendeskripsikan laman terkait ini (misal: laman akar -> cantuman topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk

Pastikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna menggunakan ‘daftar breadcrumb’

berbeda yang perlu diklasifikasikan dalam beberapa kategori dan laman sub-kategori?
Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung menavigasi kembali ke bagian sebelumnya atau ke laman akar dengan cepat (1). Banyak breadcrumb memiliki laman yang paling umum (biasanya laman akar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar di sisi kanan.

Navigasi Blog sesuai ketentuan SEO

(1)   Tautan breadcrumb muncul pada laman artikel yang lebih dalam pada situs Anda.
Izinkan kemungkinan sebagian URL dihapus.

Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika seorang pengguna menghilangkan sebagian dari URL Anda - Beberapa pengguna mungkin menavigasi situs Anda dengan cara yang aneh, dan Anda harus mengantisipasinya. Misalnya, selain menggunakan tautan breadcrumb pada laman, pengguna mungkin memasukkan sebagian URL dengan harapan menemukan konten yang lebih umum. Dia mungkin mengunjungi http://www.example.com/ berita/2012/pameran-uang-kuno-berikutnya.htm, namun kemudian memasukkan http://www.example.com/berita/2012/ ke dalam bilah alamat browser, dan yakin bahwa ini akan menampilkan semua berita dari tahun 2012 (2). Apakah situs Anda disiapkan untuk menunjukkan konten dalam situasi ini atau akan akan memberikan pengguna sebuah 404 (kesalahan "laman tidak ditemukan")? Bagaimana jika memindahkan tingkat direktori ke http://www.example.com/berita/?


Navigasi Blog sesuai ketentuan SEO
(2) Pengguna dapat membuka direktori yang lebih di atas dengan menghapus bagian akhir URL.
Persiapkan dua petasitus: satu untuk pengguna, satu untuk mesin telusur.

Sebuah petasitus (huruf kecil) adalah laman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi cantuman hierarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi laman ini jika mereka memiliki masalah dalam menemukan laman pada situs Anda. Meskipun mesin telusur juga akan mengunjungi laman ini, dan mendapatkan cakupan perayapan yang baik dari laman situs Anda, sebenarnya laman ini ditujukan untuk pengunjung manusia.
File Petasitus XML (huruf besar), yang dapat Anda kirimkan melalui Alat Webmaster Google, mempermudah Google menjelajahi laman situs Anda. Menggunakan file Petasitus juga merupakan cara baru (meski tidak menjamin) untuk memberi tahu versi URL yang ingin Anda jadikan kanonis kepada Google (mis. http://example.com/ atau http://www.example.com/; lebih lanjut tentang domain mana yang lebih disukai). Google membantu membuat Skrip Sitemap Generator sumber terbuka untuk membantu Anda membuat file Petasitus untuk situs Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Petasitus, Pusat Bantuan Webmaster menyediakan panduan penting untuk file Petasitus.

Navigasi Blog sesuai ketentuan SEO

Contoh petasitus HTML Petasitus HTML dapat membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9">
<url>
<loc>http://www.example.com/</loc>
<changefreq>daily</changefreq>
<priority>0.8</priority>
</url>
<url>
<loc>http://www.example.com/berita/</loc>
</url>
<url>
<loc>http://www.example.com/berita/2010/</loc>
</url>
<url>
<loc>http://www.example.com/berita/2011/</loc>
</url>
<url>
<loc>http://www.example.com/berita/2012/</loc>
</url>
</urlset>

Contoh peta situs XML ,Petasitus XML dapat membantu mesin telusur menemukan laman di situs Anda.
Hal yang harus anda perhatikan :
  •   Buat senaturalmungkin.
Buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan padukan penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda.
Hindari :
  1.  membuat web tautan navigasi yang rumit, mis. menautkan setiap laman pada situs Anda ke setiap laman lain.
  2.  terlalu bersemangat dalam membedah konten Anda (sehingga memerlukan dua puluh klik).
  •   Banyak menggunakan teks untuk navigasi.
Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks akan memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk perangkat yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.
Hindari :
  1. Memiliki navigasi yang didasarkan sepenuhnya pada menu tarik turun, gambar, atau animasi   -  kebanyakan, tapi tidak semua, mesin telusur dapat menemukan tautan-tautan seperti itu pada sebuah situs, tapi jika seorang pengguna dapat membuka semua laman dalam situs lewat tautan teks normal, maka hal ini akan meningkatkan aksesibilitas situs Anda; selengkapnya dalam cara Google menangani file non-teks.


Untuk navigasi, fokus seharusnya ditekankan pada kesederhanaan dan kemudahan penggunaan!

Glosarium:
  • 404 (kesalahan "laman tidak ditemukan") Kode status HTTP (lihat halaman 12). Artinya server tidak dapat menemukan laman web yang diminta oleh browser.
  • Petasitus XML Daftar laman pada situs web tertentu. Dengan membuat dan mengirimkan daftar ini, Anda dapat memberi tahu Google semua laman di situs web, termasuk URL apa pun yang mungkin tidak terdeteksi oleh proses perayapan reguler Google.
  • Flash Teknologi atau perangkat lunak web yang dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated. Teknologi ini dapat membuat konten web yang memadukan suara, video, dan animasi.
  • JavaScript  Sejenis bahasa pemrograman. Bahasa ini dapat menambahkan fitur dinamis ke laman web dan digunakan oleh banyak layanan web.
  • Menu tarik turun  Sebuah sistem yang memungkinkan pengguna memilih konten dari menu. Saat seseorang mengeklik di menu, daftar pilihan akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang dapat ditarik.
  • Aksesibilitas  Kemampuan pengguna dan mesin telusur untuk mengakses dan memahami konten.
  • Pengalaman pengguna Pengalaman yang didapatkan pengguna dengan menggunakan produk, layanan, dll. Penekanan diberikan dengan menyediakan pengalaman yang sangat dicari oleh pengguna, misalnya "kesenangan", "kemudahan", dan "kenyamanan".
  • Kode status HTTP Sebuah kode yang mengekspresikan arti tanggapan dari server saat komputer menyampaikan informasi ke satu sama lainnya. Kode tersebut dibagikan sebagai tiga digit numerik, dengan arti yang berbeda tergantung pada nomor yang digunakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

18 comments

comments
December 20, 2015 at 3:51 AM delete

hihi sangat bermanfaat gan buat nyubii

Reply
avatar
December 20, 2015 at 3:53 AM delete

Baru tahu kalau example.com bisa buat ngecek breadcrumbs. Ini juga salah satu syarat GA ya...thx for sharing

Reply
avatar
December 20, 2015 at 4:00 AM delete

Saya senang bila artikel ini bermanfaat. terimakasih ya gan udah mampir ^^

Reply
avatar
December 20, 2015 at 4:04 AM delete

Iya gan termasuk saya sendiri hehe

Reply
avatar
December 20, 2015 at 4:30 AM delete

Terimakasih gan. udah mampir :D

Reply
avatar
December 20, 2015 at 4:33 AM delete

wah bermanfaat banget info nya gan .. makasih

Reply
avatar
December 20, 2015 at 3:56 PM delete

useful brooo tipsnya. meski gak ane coba. hehehe.
nice post broo. salam kenal. :D

Reply
avatar